Model Mesin Komputer dan Komputer Rakitan Untuk Berbagai Kebutuhan Multimedia

Model Mesin Komputer 
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih,  perangkat computer juga semakin canggih, mulai dari yang spesifikasi rendah hingga sekarang rata – rata setiap computer memiliki spesifikasi yang tinggi.

Pada computer itu sendiri terdiri dari:
- Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

- Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
Fungsi dari CPU terbagi menjadi : 

* Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.
* ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
* Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer.

- Output Device
Output device diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.



Pada computer juga terdiri dari berbagai macam komponen:
  1. Processor
  2. Motherboard
  3. Memory
  4. VGA

1 Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas,  macam processor itu sendiri adalah
* Intel atom, intel dual core, intel core, intel pentium, amd athlonX2.










2. Motherboard adalah salah satu komponen dari rangkaian komputer, komponen tersebutdinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari rangkaian CPU yang menghubungkan semua komponen pada computer.






3. Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:

    * Register prosesor
    * RAM atau Random Access Memory
    * Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
    * Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
    * Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
    * Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
    * Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
    * Flash Memory
    * Punched Card (kuno)

  1. VGA adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor dan VGA kependekan dari Video Graphics Adapter.
















- Komputer Rakitan Untuk Berbagai Kebutuhan Multimedia



    Komputer rakitan merupakan salah satu penemuan teknologi pemprosesan data paling fenomenal di dunia. Ketika pertama kali dibuat, komputer rakitan memiliki tugas melakukan penghitungan-penghitungan digital dalam bentuk tabel, menggantikan tugas mesin hitung mekanik. Siapa menyangka kalau saat ini komputer rakitan yang hanya sebesar laci meja ini telah menjalankan tugas multimedia yang sangat rumit. 
Merangkai sebuah komputer rakitan tidaklah sulit. Semua bagian-bagian penting yang dimiliki komputer rakitan telah dibuat sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipasang, dibongkar dan dipasang kembali. Panel-panel penghubung pada komputer rakitan telah dibuat dengan standar internasional. 
Komponen Penting dalam Komputer Rakitan
Secara umum, komputer rakitan memiliki bagian-bagian penting, yaitu:
1. Komponen Penting dalam Komputer Rakitan - Keyboard
Keyboard, merupakan bagian dari komputer rakitan yang memiliki fungsi sebagai media untuk memberikan perintah berupa input data, huruf, angka dan simbol-simbol lainnya kepada komputer. Keyboard juga bisa memberikan perintah-perintah seperti menyimpan, menebalkan huruf, menghapus, meng-copy dan banyak kombinasi perintah lainnya.
2. Komponen Penting dalam Komputer Rakitan - Mouse
Mouse atau dalam padanan Indonesia menjadi tetikus merupakan bagian dari komputer rakitan yang memiliki fungsi sebagai media untuk memberikan perintah kepada komputer. Gerakan mouse akan menggerakkan pointer untuk naik turun ke kiri dan ke kanan. Pada beberapa pilihan menu, mouse bisa digunakan untuk memberikan perintah berupa klik kiri, klik kanan, double klik kiri, klik tengah dan scroll.
3. Komponen Penting dalam Komputer Rakitan - Monitor
Monitor, merupakan unit yang bisa menampilkan segala sesuatu yang sedang dikerjakan pada komputer rakitan. Layar monitor memungkinkan pengguna komputer rakitan untuk melihat seftware apa saja yang sedang dijalankan.
4. Komponen Penting dalam Komputer Rakitan - CPU
CPU, merupakan mesin utama komputer rakitan. Di dalam CPU terdapat panel-panel penting yang menjadi pondasi utama semua kinerja komputer rakitan. Jika salah satu dari panel-panel ini tidak dipasang, CPU tidak akan bisa dijalankan.
·       Mainboard atau sering disebut mother board merupakan panel utama pada CPU komputer rakitan yang mengintegrasikan panel-panel yang lain agar bisa saling bekerja sama dalam menghidupkan komputer rakitan. Pada main board terdapat slot (tempat ditancapkannya) processor, slot memory, slot VGA card, slot sound card dan slot power.
·       Prosesor, merupakan otak sebuah komputer rakitan. Semakin tinggi kapasitas kemampuan olah data prosesor, semakin tinggi pula kecepatan yang dihasilkan komputer dalam menjalankan program. Prosesor komoputer rakitan desktop pertama kali di Indonesia adalah XT yang dilanjutkan dengan processor-processor keluaran Intel Corp. dengan type 386, 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, Core i2, Core i3, Core i4, Core i5. Semua prosesor produksi Intel ini terkenal dengan ketahanan dan kestabilannya. Selain Intel Corp, di Indonesia juga beredar prosesor keluaran Cyrix yang kemudian berganti nama menjadi VIA, dan prosesor AMD yang terkenal dengan kecepatan tingginya. Prosesor VIA terkenal dengan harganya yang relatif paling murah dibandingkan dengan prosesor lain, namun memiliki kecepatan dan daya tahan yang tidak sehebat Intel dan AMD. Sedangkan prosesor AMD terkenal dengan kecepatannya yang luar biasa. Namun, keunggulan kecepatan prosesor AMD ini disertai sebuah konsekuensi, yaitu cepat panas sehingga komputer rakitan dengan prosesor AMD menjadi mudah hang. Untuk mendinginkannya agar tidak mudah hang, komputer rakitan dengan prosesor AMD harus dilengkapi dengan kipas tambahan yang ditempelkan pada heat sink (sirip pendingin) prosesor dan pada lubang angin cashing CPU.
·       Memory, merupakan sebuah panel penyimpan data kecil yang membantu prosesor dalam melakukan pemprosesan data. Memory yang beredar di pasaran saat ini umunya memiliki kapasitas 1Gbyte dalam satu keping. Setiap mainboard pada umumnya memiliki slot memory sebanyak 2 atau 4 slot. Tanpa memory card, CPU pada komputer rakitan tidak bisa berjalan.
·       VGA card, merupakan panel yang menghubungkan CPU dengan monitor. Dengan VGA card, kualitas gambar yang bisa ditampilkan di layar monitor bisa diatur. Semakin tinggi kapasitas memory VGA card, semakin tinggi pula kualitas gambar di layar monitor yang ditandai dengan tajamnya gambar baik pada ukuran besar maupun kecil, tidak pecah-pecah dan putus-putus dalam menampilkan gambar 3 dimensi, dan mampu menjalankan banyak aplikasi grafik secara bersamaan tanpa tertunda apalagi terputus. VGA card terbaik akan ssangat dibutuhkan pada komputer rakitan yang digunakan untuk bermain games 3 dimensi, games online, editing video, editing grafis dan desain grafis. Sedangkan komputer rakitan untuk kebutuhan administrasi kantor atau rumah tangga, cukup menggunakan VGA card standar yang biasanya sudah tertanam di dalam main board.
·       Sound card, merupakan panel pendukung pada main board yang bertugas mengeluarkan data dalam bentuk suara. Sound card bisa terhubung speaker aktive, microphone dan perangkat audio lainnya. Tanpa sound card, komputer rakitan sebetulnya sudah bisa berjalan, hanya saja tidak bisa mengeluarkan suara. Komputer rakitan untuk kebutuhan editing video dan audio akan membutuhkan sound card dengan kualitas terbaik yang biasanya dikeluarkan oleh pabrikan Yamaha. Dengan sound card terbaik ini, banyak proses editing audio dan video bisa dilakukan dengan ringan tanpa tersendat. Suara yang dihasilkan pun bisa lebih bagus termasuk hasil proses recordingnya.
·       Power, merupakan sumber energi yang dibutuhkan komputer rakitan. Tanpa adanya panel power, CPU komputer rakitan sama sekali tidak akan bisa dinyalakan. Pada panel power ini, listrik akan diubah dari AC menjadi DC dan terpecah menjadi kabel-kabel dengan connector yang sudah disiapkan untuk ditancapkan pada maindoard, hard disk, DVD room dan beberapaconnector tambahan yang suatu saat bisa saja dibutuhkan misalnya untuk kipas pendingin tambahan.  Panel power biasanya sudah terintegrasi dengan casing CPU rakitan sehingga bisa bekerja dengan maksimal karena lubang anginnya sudah dirancang sedimikian rupa sehingga proses pendinginan CPU bisa berjalan dengan maksimal.
·       Hard disk, merupakan unit penyimpanan data yang akan menyimpan file-file system operasi seperti Windows dan Linux, file-file software tambahan seperti Ms Office, Winamp, GOM player dan file-file data yang biasanya juga berukuran besar. Hard disk keluaran terbaru biasanya memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar dengan kecepatan putaran piringan yang besar pula, sehingga bisa mendukung kecepatan kerja processor, memory, VGA card dan main board.
·       Panel-panel tambahan berupa modem internal, slot LAN, slot USB dan WiFi. Panel-panel ini biasanya sudah terintegrasi pada main board sehingga dan casing komputer rakitan sehingga pengguna komputer tidak perlu repot membuat sambungan-sambungan baru untuk merakitnya.
Penggunaan Komputer Rakitan Berdasarkan Kebutuhan
Setiap manusia memiliki kebutuhan sendiri-sendiri dalam hal menggunakan perangkat komputer rakitan. Sesuai dengan hobi profesi penggunanya, komputer rakitan bisa digolongkan untuk tugas-tugas berikut:
1. Penggunaan Komputer Rakitan Untuk Tugas Kantor
Komputer rakitan untuk tugas administrasi kantor dan rumah tangga.Kemajuan teknologi telekomunikasi tidak bisa dibendung lagi, setiap kantor dan pelajar dan rumahtangga membutuhkan komputer rakitan untuk memudahkan segala aktivitas yang serba online saat ini. Kebutuhan untuk bisa tetap eksis setiap saat tidak bisa dihindari.
Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebuah komputer rakitan sederhana bisa dibuat dan dipasang sendiri di rumah ataupun di kantor. Prosesor yang digunakan cukup dengan pentium IV yang harganya sangat murah, hard disk cukup yang bekas dengan kapasitas 80-120 Gbyte. VGA card dan sound card cukup memakai on board yang sudah terintegrasi di dalam main board. Cukup menambahkan sebuah mobile modem, CPU komputer rakitan ini bisa dibuat dengan biaya tidak lebih dari Rp 800.000,00 saja.
2. Penggunaan Komputer Rakitan Untuk Desain Grafis
Komputer rakitan untuk tugas desain grafis. Ketika pengguna komputer memiliki hobi atau profesi dalam bidang desain grafis, komputer rakitan dengan spesifikasi khusus harus dimiliki. Profesi ini tidak bisa dilayani dengan komputer rakitan standar, apalagi hanya dengan sebuah laptop.
Sebuah unit VGA card dengan kapasitas memory besar akan dibutuhkan komputer rakitan ini. Pada software desain grafis Autocad, Photoshop dan Coreldraw bahkan harus membutuhkan prosesor terbaru keluaran AMD dengan ditambah kipas pendingin tambahan. Hard disk yang digunakan pun harus keluaran terbaru dengan kapasitas terbesar sehingga bisa mengimbangi kecepatan kinerja prosesor, memory dan VGA card.
3. Penggunaan Komputer Rakitan Untuk Editing Video
Komputer rakitan untuk tugas editing video, audio dan games online 3 dimensi. Untuk memenuhi kebutuhan hobi atau profesi ini, diperlukan komputer rakitan dengan spesifikasi serba terbaik dan terbaru. Software-software editing video, audio dan games online 3 dimensi memerlukan kecepatan dan kestabilan yang tinggi.
Harga yang diperlukan untuk membuat komputer rakitan ini tidak akan mungkin sedikit. Prosesor, memory, VGA card, sound card, hard disk dan main boardnya harus yang terbaik dan termahal. Itu masih harus diberikan perangkat pendingin tambahan. Pengguna komputer rakitan ini harus siap mengeluarkan dana di atas Rp 5.000.000,0 hanya untuk belanja CPU.
4. Penggunaan Komputer Rakitan Untuk Tugas Penyimpanan dan Pengolahan Data
Komputer rakitan untuk tugas penyimpanan dan pengolahan database.Komputer rakitan jenis ini tidak memerlukan kualitas gambar dan suara yang terbaik. Cukup dengan VGA card dan sound card on board saja sudah bisa digunakan. Hanya saja, komputer rakitan ini benar-benar tidak boleh mati dalam jangka waktu yang lama. Bisa 2-5 tahun tidak mati. Untuk itu dibutuhkan sebuah cashing CPU yang memiliki rangkaian alur aerodinamika khusus sehingga bisa dipastikan CPU tidak akan macet gara-gara kepanasan.
Prosesor yang digunakan pun harus produk Intel dengan kapasitas hard disk super besar yang bisa dibeli secara khusus. Komputer rakitan jenis ini biasa disebut sebagai server. 


Sumber : www.google.com
                  www.yahoo.com
                  wikipedia

No comments:

Post a Comment

Pasang Iklan